Ragam Nutrisi dan Manfaat Buah Blackberry untuk Tubuh

Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ragam Nutrisi dan Manfaat Buah Blackberry untuk Tubuh – Sudah sejak ribuan tahun lantas buah blackberry dikonsumsi untuk menjaga kesegaran dan mengatasi beraneka penyakit. Buah bercita rasa manis dan asam ini banyak ditemukan di Amerika, Eropa, dan lebih dari satu lokasi Asia. Meski mengusung nama “hitam”, buah blackberry aslinya mempunyai warna ungu gelap.

Kandungan Nutrisi Buah Blackberry

Buah blackberry dinobatkan sebagai superfood berkat kadar nutrisinya yang melimpah. Dalam 100 gramnya, buah blackberry menaruh 62 kalori dan lebih dari satu nutrisi mutlak lainnya, yaitu:

  • 9,5 gr karbohidrat
  • 1,5 gr protein
  • 5,5 gr serat
  • 20 mg vitamin C
  • 160 mg kalium
  • 30 mg kalsium
  • 20 mg magnesium
  • 0,6 mg mangan

Buah blackberry juga punya kandungan vitamin A, vitamin B, selenium, zinc, dan juga aneka antioksidan type antioksidan, seperti lutein, zeaxanthin, dan antosianin. Warna ungu gelap buah blackberry berasal dari kadar antosianinnya yang tinggi. Menakjubkan, ya, kadar gizi dan manfaat buah mungil ini?

Ragam Nutrisi dan Manfaat Buah Blackberry untuk Tubuh

Melihat kadar nutrisinya yang melimpah, anda tentu udah nggak sabar untuk mencicipi segarnya buah blackberry, kan? Namun sebelum itu, review pernah lebih dari satu manfaat buah blackberry selanjutnya ini:

1. Meningkatkan energi tahan tubuh

Sama seperti buah lain yang tinggi vitamin C, buah blackberry juga dapat menambah energi tahan tubuh. Spesialnya lagi, buah ini punya kandungan mineral mangan, selenium, dan zinc, yang dapat menambah kegunaan sel tubuh dalam melawan infeksi. Dengan begitu, tubuhmu menjadi nggak ringan sakit, deh.

2. Melancarkan pencernaan

Karena kaya bakal serat, buah blackberry bagus untuk kesegaran pencernaan. Makanan tinggi serat bisa melancarkan saluran cerna sehingga anda terhindar dari sembelit. Selain itu, serat juga menyediakan makanan bagi bakteri baik di usus, yang tentunya berguna bagi kesegaran usus.

3. Mengendalikan kadar gula darah

Serat yang terdapat dalam buah blackberry bisa memperlambat laju penyerapan gula sehingga kadar gula darah tidak segera melonjak naik setelah anda mengonsumsinya. Selain itu, buah ini juga mempunyai indeks glikemik rendah, sehingga kadar gula darah bisa lebih terkontrol.

4. Menurunkan kolesterol tinggi

Konsumsi makanan berserat tinggi tak hanya menolong mengendalikan kadar gula darah, namun juga bisa turunkan kolesterol tinggi. Serat dalam buah blackberry diketahui dapat menambah kadar kolesterol baik (HDL) dan turunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

Baca Juga: Manfaat Air Mawar untuk Kesehatan dan Kecantikan

5. Mencegah penyakit jantung

Kolesterol tinggi merupakan salah satu aspek risiko penyakit jantung. Makanya, mengonsumsi buah blackberry bisa menolong mencegah penyakit jantung, dikarenakan buah ini dapat turunkan kadar LDL.

Selain itu, buah blackberry juga tinggi bakal kalium yang dapat mengendalikan tekanan darah tinggi, yang merupakan salah satu aspek risiko penyakit jantung.

6. Mencegah pikun

Berkat kadar antioksidan, vitamin, dan mineralnya yang tinggi, buah blackberry benar-benar baik dikonsumsi untuk memelihara kesegaran dan kegunaan otak. Aneka nutrisi pada buah ini dapat menjaga aliran darah ke otak selalu lancar, dan juga memelihara sel-sel saraf dan otak yang berguna untuk mengontrol energi ingat dan fokus.

Oleh dikarenakan itu, buah blackberry baik dikonsumsi untuk menjaga energi ingat selalu kuat dan mencegah pikun.

7. Mengurangi risiko kanker

Buah blackberry merupakan salah satu sumber antioksidan yang paling baik. Beberapa type antioksidan yang banyak terdapat pada buah blackberry di antaranya adalah lutein, zeaxanthin, polifenol, dan antiosianin. Zat antioksidan selanjutnya berperan dalam proses untuk melawan pengaruh berbahaya dari radikal bebas, yang salah satunya adalah kanker.

Manfaat blackberry dalam mencegah kanker juga berasal dari kadar vitamin dan mineralnya yang dapat mencegah kerusakan sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

8. Menjaga kesegaran mata

Salah satu manfaat blackberry yang sayang untuk dilewatkan adalah menyehatkan mata. Ini dikarenakan buah blackberry kaya bakal vitamin A, lutein, dan juga aneka type vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesegaran mata.

Dengan mencukupi asupan tersebut, risiko terkena penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula pun bisa berkurang.

9. Menjaga kesegaran tulang

Risiko terjadinya penipisan tulang atau patah tulang bisa meningkat terkecuali asupan vitamin K tidak tercukupi. Nah, salah satu langkah mencukupi keperluan vitamin K harian adalah dengan mengonsumsi buah blackberry. Buah blackberry juga punya kandungan mangan dan kalsium yang mutlak untuk memperkuat tulang.

10. Menjaga kesegaran gigi

Tak hanya punya kandungan antioksidan, buah blackberry juga mempunyai cii-ciri antiradang dan antibakteri yang dapat melawan bakteri penyebab kasus pada gigi dan mulut, lho. Bahkan, sebuah penelitian memperlihatkan bahwa ekstrak buah blackberry bisa mencegah dan mengatasi penyakit gusi dan gigi berlubang.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *