Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat

Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat

Pengobatan Alami untuk Mengatasi Asam Urat – Penangan paling efektif bagi penderita asam urat adalah slot server thailand super gacor dengan mengonsumsi obat-obatan medis dari dokter, namun ada beberapa pilihan obat asam urat alami yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan efektivitas pengobatan dari dokter. Asam urat adalah kondisi yang dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada sendi, umumnya terjadi pada bagian-bagian tubuh seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, atau jari tangan. Kondisi ini muncul ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat atau tubuh tidak dapat mengeluarkannya dengan baik. Gejala asam urat yang umumnya muncul dapat berupa rasa nyeri, panas, hingga pembengkakan di area persendian. Selain itu kadar asam urat yg tinggi juga dapat memicu pembentukan batu ginjal dan gangguan ginjal.

Sebetulnya, asam urat adalah kondisi yang tidak dapat disembuhkan sepenuhnya. Meski begitu, mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter dapat menurunkan asam urat. Selain itu, penderita asam urat juga dianjurkan untuk menjalani pola hidup sehat, seperti berolahraga secara rutin, menjaga berat badan ideal, dan menghindari makanan yang dapat memicu peningkatan asam urat dalam tubuh. Di samping mengonsumsi obat dari dokter dan menjalankan gaya hidup sehat, terdapat beberapa obat asam urat alami yang bisa dimanfaatkan untuk membantu penderita dalam mengendalikan gejala asam urat.

Pisang

Kandungan potasium atau kalium yang tinggi terkandung dalam pisang dan dapat rtp live mencairkan kristal asam urat yang mengendap di bawah kulit pada bagian persendian. Cairan ini nantinya akan dikeluarkan oleh tubuh dengan melalui urin. Tak hanya itu, ternyata kandungan vitamin C pada pisang akan membantu mengurangi nyeri serta inflamasi ketika asam urat mulai menyerang. Kamu juga bebas mengkonsumsi pisang sehari-hari sebagai sumber nutrisi yang akan membantu mengurangi gejala serta rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat.

Brotowali

Tanaman yang terkenal sebagai obat herbal selanjutnya adalah brotowali. Selain berfungsi mengobati berbagai penyakit, brotowali juga bermanfaat sebagai obat asam urat alami. Selain itu, Brotowali juga dapat mengobati darah tinggi, menurunkan kolesterol, mengendalikan gula darah, meningkatkan imunitas, bahkan akan membuat kulit kencang dan lebih awet muda, lho!

Cara membuat obat asam urat alami dari brotowali adalah dengan merebus beberapa lembar daun Brotowali yang sudah dibersihkan, kemudian saring air dan tiriskan hingga dingin, minum air rebusan Brotowali sebagai obat asam urat sebanyak satu-tiga kali dalam seminggu.

Sidaguri

Meski masih terdengar asing, tetapi tanaman ini biasa digunakan sebagai bahan pembuatan ramuan herbal. Sidaguri sendiri umumnya digunakan untuk mengatasi infeksi pada kulit. Tak hanya itu, sidaguri juga dapat meredakan nyeri akibat rematik serta asam urat.

Cara membuat obat asam urat alami dari sidaguri adalah dengan merebus beberapa lembar daun sidaguri yang sudah dibersihkan, kemudian saring air dan tiriskan hingga dingin, minum air rebusan sidaguri sebagai obat asam urat dalam waktu satu–tiga kali dalam seminggu.

Kumis Kucing

Tanaman ini terkenal sebagai obat herbal untuk batu ginjal. Tak hanya itu, kumis kucing juga berkhasiat sebagai obat asam urat alami. Bahkan, tanaman kumis kucing juga mengandung zat orthosiphonin glikosida serta diuretik, sehingga akan membantu merangsang pengeluaran asam urat melalui urin. Langkah membuat obat asam urat alami dari daun kumis kucing sangat mudah, di antaranya:

 

  • Rebus satu genggam daun kumis kucing yang sebelumnya telah dibersihkan.
  • Tambahkan satu ruas jahe merah yang telah diiris tipis, kemudian tambahkan juga sedikit bunga kumis kucing untuk kemudian memberikan sedikit rasa manis.
  • Saring air dan tiriskan hingga dingin dan minum air rebusan daun kumis kucing sebagai obat asam urat sebanyak satu-tiga kali dalam seminggu.

 

Nanas dan Madu

Obat herbal asam urat lain yang dapat kamu gunakan selanjutnya adalah campuran dari nanas dan madu. Langkah membuat obat asam urat alami dari nanas serta madu sendiri cukup mudah hanya dengan memblender daging buah nanas hingga halus kemudian campur nanas yang sudah di blender dengan jus cherry, jahe serta kunyit yang telah dihaluskan sebanyak satu sendok makan. Tambahkan juga madu secukupnya. Minum jus nanas ini sebagai obat asam urat dalam waktu satu- tiga kali dalam seminggu.

Sambiloto

Tanaman sambiloto kian populer sebagai salah satu tanaman yang dapat dijadikan obat herbal tradisional. Sambiloto memiliki zat aldehid, keton, alkane, flavonoid dan mineral penting lainnya yang sangat baik untuk tubuh serta berguna sebagai obat alami asam urat. Langkah membuat obat asam urat alami dari sambiloto, yaitu:

  • Rebus segenggam kecil daun sambiloto dengan menggunakan dua gelas air.
  • Saat air rebusan sudah berkurang hingga sepertiganya, saring air dan tiriskan.
  • Minum air rebusan ini sekali dalam sehari sebagai, dan konsumsi rutin

Daun Sirsak

Daun sirsak yang terkenal sebagai daun dengan sejuta manfaat, salah satunya adalah sebagai obat alami untuk asam urat. Langkah membuat obat herbal dari daun sirsak, yaitu:

  • Bersihkan daun sirsak dengan menggunakan air yang mengalir sebanyak 5-10 lembar.
  • Potong serta remas daun sirsak untuk mempermudah keluarnya sari-sari dari daun sirsak.
  • Rebus daun sirsak dengan menggunakan dua gelas air putih.
  • Rebus air daun sirsak ini hingga jumlahnya berkurang menjadi setengahnya saja.
  • Minumlah air rebusan daun sirsak sebagai obat asam urat sebanyak dua kali sehari dan lakukan secara rutin.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *