6 Jenis Minuman yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Mu

6 Jenis Minuman yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Mu

6 Jenis Minuman yang Baik untuk Kesehatan Tubuh Mu – Seperti yang sudah diketahui, tubuh sebagian besar terdiri dari air, sehingga kebutuhan air dalam tubuh harus selalu terpenuhi, agar sistem metabolisme dan kinerja organ tetap berjalan lancar. Kendati demikian, bukan slot spaceman sembarang air yang bisa masuk ke dalam tubuh. Utamanya, air yang masuk ke tubuh harus air yang bersih dan sudah dimasak, sehingga bebas dari kuman. Tidak hanya itu, air tersebut juga harus mengandung nutrisi yang tubuh perlukan, bukan zat -zat yang malah memperberat kinerja organ.

Air putih disebut sebagai salah satu jenis minuman sehat yang paling baik. Ketersediaannya di bumi pun melimpah dan pastinya menyediakan segala yang dibutuhkan tubuh untuk mengisi kembali cairan yang hilang. Umat manusia pun telah mengandalkan air putih sebagai satu-satunya minuman mereka selama jutaan tahun. Kemudian muncul susu, bir, anggur, kopi, dan teh. Semuanya memiliki citarasa khas dan pastinya memberikan manfaat pada tubuh. Saat ini, berbagai jenis minuman pun mulai bermunculan, mulai dari minuman ringan hingga minuman berenergi. Berbagai jenis minuman tersebut hadir menawarkan berbagai macam rasa dan pastinya menghidrasi tubuh. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua minuman baik untuk tubuh. Kamu tetap harus membatasi segala jenis minuman tidak sehat demi kesehatan tubuhmu.

Teh

Minuman sehat pagi hari ini sangat mudah kamu temukan di Indonesia. Baik dalam bentuk kemasan jadi, maupun setengah jadi. Ada berbagai varian teh yang bisa kamu jumpai. Entah itu teh hijau, teh hitam, hingga putih. Namun, kamu tak perlu bingung karena pada togel macau dasarnya semuanya juga memiliki efek yang positif bagi tubuh. Lalu, yang baik teh dingin atau panas? Ternyata, menurut riset Journal of Cancer tahun 2019, teh dingin lebih baik, karena terlalu sering konsumsi teh hangat malah meningkatkan risiko kanker.

Manfaat minum teh:

Membantu kulit lebih sehat
Meningkatkan metabolisme tubuh
Meningkatkan pembakaran lemak
Membantu tidur nyenyak

Air Kelapa

Sebagai warga Indonesia yang masuk dalam kategori wilayah tropis, kamu mesti bersyukur lho! Salah satu alasannya, karena kita bisa menikmati air kelapa dengan mudah. Air dari buah yang tumbuh di wilayah tropis sudah terkenal dapat membantu manusia dalam mengatasi berbagai penyakit. Misalnya, asam lambung. Tingginya kalium yang mampu menstabilkan pH pada tubuh membuat air kelapa bagus masuk dalam kategori minuman sehat untuk penderita asam lambung. Baik kelapa muda maupun tua, keduanya sama bagusnya untuk tubuh. Perbedaannya hanya soal rasa dan kadar dagingnya. Jadi, tak perlu kamu pusing dengan hal tersebut.

Manfaat minum air kelapa:

Membantu menurunkan gula darah
Mencegah penyakit batu ginjal
Membantu menyembuhkan gangguan pencernaan

Jus Buah dan Sayuran

Jus adalah minuman yang berasal dari ekstraksi cairan alami pada buah-buahan dan sayuran. Sebagaimana diketahui, kedua jenis makanan ini kaya dengan serat serta berbagai vitamin penting bagi tubuh. Untuk kategori buah-buahan, kamu bisa memilih jus jeruk, alpukat, jambu, pisang, atau semangka. Berbagai jus tersebut juga masuk dalam kategori minuman sehat untuk ibu hamil.

Sedangkan untuk sayuran, ada jus wortel, kubis, bayam, hingga mentimun yang juga tak kalah kaya nutrisi dengan berbagai buah-buahan. Kamu tak perlu khawatir dengan ‘isu’ yang berkembang bahwa proses blender untuk membuat jus bisa menghilangkan nutrisi bahannya. Menurut Livestrong, kalaupun berkurang, jumlahnya tidak signifikan

Air Putih

Faktanya, jika kamu rutin mengkonsumsinya, itu sudah bisa jadi salah satu jaminan kesehatanmu. Menurut Kemenkes RI, kebutuhan harian air putih untuk orang dewasa ada di angka 2 liter, atau 8 gelas ukuran sekitar 230 mililiter. Sebenarnya, ini jumlah yang tidak terlalu banyak. Sayangnya, tidak semua orang rajin untuk memastikan memenuhinya. Mudah-mudahan, kamu diantara yang rajin, ya!

Manfaat minum air putih: 

Meningkatkan metabolisme
Membantu mencegah tubuh terserang racun
Menjaga kadar cairan tubuh
Minuman Jahe

Indonesia sangat kaya dengan tumbuhan rempah yang sehat dan dapat menjadi olahan minuman herbal. Salah satunya adalah jahe. Untuk memberikan rasa yang lebih nikmat, biasanya minuman jahe perlu kamu padukan dengan bahan lain, seperti lemon. Selain memberi efek hangat, nyatanya kandungan jahe juga berguna untuk tubuh. Meski masuk dalam kategori minuman tradisional, tapi khasiatnya tak kalah dengan minuman yang lebih populer dan menginternasional.

Manfaat minum jahe: 

Mencegah penuaan dan kanker
Menguatkan sistem imun tubuh
Menangkal infeksi dari bakteri dan virus
Meredakan sakit pada otot

Lemon Tea

Kalau kamu mencari minuman sehat untuk diet, maka lemon bisa jadi pilihan utama. Bahkan, dunia medis juga mengenal diet lemon. Faktanya, lemon memang memiliki kadar kalori rendah serta cairannya dapat membantu tubuh tetap terhidrasi. Secara medis, kecukupan hidrasi ini, dapat mempermudah tubuh dalam membakar lemak. Bahkan, secara spesifik lemon mengandung polifenol yang menurut riset bisa mengurangi resiko obesitas. Untuk melipatgandakan manfaat, lemon baik jika kamu kombinasikan dengan teh yang sudah kami singgung manfaatnya sebelumnya.

Manfaat minum lemon: 

Membantu meningkatkan metabolisme
Melancarkan pencernaan
Menurunkan berat badan
Menjaga tubuh tetap terhidrasi

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *