BPN Pesisir Barat menjawab kebutuhan Negeri Para Saibatin dan Ulama. Dinamika pembangunan khususnya pariwisata berkelas dunia yang menggeliat di kabupaten pemekaran Kabupaten Lampung Barat menuntut adanya kepastian matriks ruangnya. Tanpa adanya kepastian hukum atas tanah di tengah pasar tanah yang sangat prospektif, peluang terjadinya sengketa dan konflik umumnya meningkat. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN bertanggungjawab menyiapkan perangkat untuk mengadministrasikan unsur pertanahan tersebut. Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat dibentuk atas dasar Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 15 Tahun 2019. Kantor diresmikan pada tanggal 05 Desember 2019 oleh Bapak Ir. Bambang Hendrawan, M.Sc. (Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Lampung). Kepala Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat dijabat oleh Bapak Seto Apriyadi, S.ST., M.H.

BPN Pesisir Barat merilis situs bpnpesibar.id. Situs ini hadir ini hadir berkat dukungan Bapak Yuniar Hikmat Ginanjar, S.H., M.H. (Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Lampung) untuk menyajikan informasi terkini tentang kegiatan pertanahan dan tata ruang di Kabupaten Pesisir Barat. Berbagai data spasial yang menunjang pembangunan Negeri Para Saibatin dan Ulama akan disajikan secara online oleh BPN Pesisir Barat. Selain itu, situs ini juga akan dikembangkan untuk memandu pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka mendaftarkan tanahnya ataupun melakukan pemecahan, balik nama, dan sebagainya. Saat ini, situs bpnpesibar.id menyediakan fasilitas Pengumuman Online, pemberitahuan Berkas Selesai, kanal Pengaduan, dan kanal Informasi. Situs ini merupakan sumber diseminasi informasi Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat dalam bentuk web. Semoga situs ini bermanfaat bagi masyarakat dan segenap stakeholders setempat khususnya, dan Indonesia serta masyarakat global pada umumnya.

Dinamika organisasi memungkinkan setiap pegawai atau pejabat dipindahtugaskan baik dalam satu kantor ataupun antar kantor. Berikut pegawai yang ditunjuk sebagai koordinator seksi/subbagian dan koordinator sub seksi/urusan yang masih bertugas di BPN Pesisir Barat:

Pejabat Pengawas

Kartiko Harnadi, S.H., M.H.

Kartiko Harnadi, S.H., M.H.

Kepala Sub Bagian Tata Usaha
Basroni Ahdy, S.ST.

Basroni Ahdy, S.ST.

Plt. Kepala Seksi Survei dan Pemetaan
Danar Fiscusia K., S.H., M.H.

Danar Fiscusia K., S.H., M.H.

Kepala Seksi Penetapan Hak dan Pendaftaran
Febrio Sapta W., S.Si., MTURP

Febrio Sapta W., S.Si., MTURP

Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan
Gustariza Satya Utama, S.H., M.H.

Gustariza Satya Utama, S.H., M.H.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan
Noor Ali Asseggaff, S.E.

Noor Ali Asseggaff, S.E.

Kepala Seksi Pengendalian dan Penanganan Sengketa