VIO Kantah Pesisir Barat lahir pada tanggal 23 April 2021. VIO yang merupakan kependekan dari Virtual On-Duty Officer merupakan robot virtual yang ditugaskan membantu pengunjung situs bpnpesibar.id untuk mendapatkan pelayanan pertanahan yang dibutuhkan. Berbeda dengan pengembangan loket online yang cenderung statis dari sisi komunikasi, VIO merupakan teknologi digital yang interaktif. VIO akan menyapa setiap pengunjung website Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat. Selanjutnya, VIO akan mengajak pengunjung berinteraksi hingga pengunjung mendapatkan saluran pelayanan pertanahan yang dibutuhkan.

VIO Kantah Pesisir Barat lahir dari konsep yang paling mendekati ideal dari sebuah loket virtual, khususnya loket pertanahan. Terlebih di era pandemi yang di sisi lain organisasi pertanahan juga berlari mewujudkan cita-cita transformasi digital, VIO menjadi kabar menarik bagi dunia pelayanan pertanahan. Keberadaan VIO di situs bpnpesibar.id menjadi strategis dalam mengelola jadwal tatap muka dan menyiapkan pelayanan yang cepat serta tepat. VIO dapat mengarahkan pengunjung web (pemilik tanah ataupun penerima kuasa dari pemilik tanah) untuk mendaftarkan layanan. Selain itu, pengunjung yang ingin menyampaikan aduan baik aduan masalah tanah ataupun aduan atas oknum petugas yang diduga melanggar aturan. Tak berhenti sampai di sini, melalui VIO, pemilik tanah dapat memesan “Layanan Antar Sertipikat” sampai ke rumah.

Inovasi pelayanan pertanahan yang dipilih Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat menjadi yang pertama khususnya di Provinsi Lampung. Saat ini kantah yang mengaplikasikan web-based service sangat sedikit, khususnya hanya kantor pertanahan yang memiliki volume pekerjaan tinggi. Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat meskipun memiliki volume pekerjaan yang belum seperti kantor-kantor tipe A bahkan B, tetapi memiliki prospek bagus di masa mendatang. Pesisir Barat merupakan daerah tujuan wisata internasional. Pesisir Barat terkenal dengan surfing! Sudah dapat diprediksi bahwa kepentingan atas tanah di Kabupaten Pesisir Barat akan sangat kompleks dan meluas. Pemodal dari banyak penjuru pun dipastikan akan memiliki kepentingan atas tanah di Kabupaten Pesisir Barat. Kantah Pesisir Barat mengantisipasi hal tersebut sekaligus memposisikan diri sebagai organisasi yang “Melayani, Profesional, dan Terpercaya” dengan mengaplikasikan beberapa inovasi. Terkini, VIO merupakan inovasi paling anyar di dunia pertanahan khususnya Lampung.

Semoga VIO Kantah Pesisir Barat memenuhi harapan semua pihak terkait!