Menteri ATR/Kepala BPN serahkan sertipikat Hak Pakai kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebanyak 72 sertipikat yang diserahkan langsung oleh Bapak Sofyan A. Djalil tersebut merupakan hasil legalisasi Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Penyerahan sertipikat tersebut dilanjutkan dengan penyerahan 4.000 sertipikat Redistribusi Tanah secara simbolis. Penyerahan sertipikat bertempat di Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Lampung (Bapak Ir. H. Arinal Djunaidi), Kapolda Lampung (Bapak Irjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si.), Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Lampung (Bapak Yuniar Hikmat Ginanjar, S.H., M.H.), para kepala bidang dan kepala bagian di Kanwil BPN Provinsi Lampung, serta para kepala kantor pertanahan se-Provinsi Lampung

Menteri ATR/Kepala BPN serahkan sertipikat Hak Pakai dan Hak Milik sekaligus pimpin rapat virtual dengan BPN se-Sumatera dan lembaga yang terkait dalam pengadaan tanah jalan tol. Hadir mendampingi Menteri ATR memimpin video conference, Ibu Arie Yuriwin, S.H., M.Si. Poin penting yang dibahas adalah percepatan penyelesaian pengadaan tanah. Penetapan lokasi yang belum terbit agar segera diterbitkan. Dan hasil akhir dari pengadaan tanah tersebut adalah sertipikat. Sertipikat tersebut akan menjadi pengaman aset jalan tol. Tanpa adanya sertipikat, kepastian hukum atas tanah yang dipergunakan untuk bentangan jalan tol akan rentan diklaim pihak lain. Jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berkomitmen menyelesaikan pengadaan tanah seperti arahan Menteri.

Kunjungan Menteri ATR/Kepala BPN pada hari Rabu 19 Agustus 2020 tersebut bertepatan dengan momen Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung mengusulkan Wilayah Bebas Korupsi (WBK) kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Menteri ATR/Kepala BPN secara langsung menyapa masyarakat yang berada di loket pelayanan Kantor Pertanahan Kota Bandar Lampung. Para pemohon sertipikat tersebut ditanyakan perihal permohonan apa yang akan didaftarkan ke BPN dan bagaimana penilaian mereka. Selain itu, Bapak Sofyan A. Djalil juga menyempatkan bertanya jawab dengan petugas loket pelayanan.

#Melayani #Profesional #Terpercaya