BPN Pesbar serahkan peta pekon pada acara Audiensi Bersama Bupati Pesisir Barat pada Hari Kamis 13 Agustus 2020. Acara yang dihadiri ratusan warga tersebut digelar di halaman Kantor Camat Krui Selatan. Sebanyak 9 (sembilan) peratin hadir untuk menerima peta tematik berupa Peta Pekon Lengkap. Peta Pekon Lengkap tak lain adalah Peta Desa/Kelurahan Lengkap yang dikenal selama ini. Hadir untuk menyerahkan data spasial tersebut secara simbolis Bupati Pesisir Barat (Bapak Dr. H Agus Istiqlal, S.H., M.H.), Kepala Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat, dan segenap unsur FORKOPIMDA dari TNI, Kepolisian, Kejaksaan, dan Pemerintah Kabupaten.

Peta Pekon Lengkap berisi peta distribusi semua bidang tanah di suatu pekon. Dalam era pembangunan saat ini dan masa mendatang yang memerlukan database koordinat, peta seperti ini merupakan modal dasar sekaligus substantif. Peta pekon dan daftar tanah diterima langsung oleh Peratin Pekon Walur, Peratin Pekon Way Napal, Peratin Pekon Pemerihan, Peratin Pekon Sukajadi, Peratin Pekon Lintik, Peratin Pekon Balai Kencana, Peratin Pekon Padang Haluan, Peratin Pekon Padang Raya, dan Peratin Pekon Way Suluh.

BPN Pesbar serahkan peta pekon untuk pertama kalinya. Sebagaimana kebijakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional untuk peningkatan kualitas data menuju lembaga berstandar dunia, segenap jajaran Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat berkomitmen mewujudkan “”Kabupaten Lengkap”. Projek besar tersebut dimulai dengan finalisasi 9 pekon tersebut. Bapak Seto Apriyadi, S.ST, M.H. dalam kapasitasnya sebagai Kepala Perwakilan Kantor Pertanahan Kabupaten Pesisir Barat menyampaikan bahwa keberadaan peta pekon dan daftar tanah tersebut akan sangat membantu pemerintah daerah khususnya pemerintah pekon dalam merencanakan pembangunan. Manfaat yang paling dekat dapat dirasakan adalah dalam penertiban administrasi perpajakan bumi dan bangunan. Dengan adanya Peta Pekon Lengkap, otomatis semua bidang tanah telah terpetakan. Semua obyek pajak terpetakan.

#Melayani #Profesional #Terpercaya

One Comment

  1. Pingback: INDAHNYA PANTAI MANDIRI KRUI | ATR/BPN Pesisir Barat

Comments are closed.