Pesisir Barat menyuguhkan alam yang “komplit” khas tropis. Pemandangan yang elok menjadi daya tarik wisata menyegarkan. Pun meski belum diolah secara optimal, daya tarik panoramiknya tetap menjadi tujuan wisata, instagramable kalau menurut generasi milenial. Pesisir Barat tujuan wisata tropis. Jalan lintas yang membelah Taman Nasional Bukit Barisan Selatan misalnya, meski fungsi utamanya adalah sebagai akses penghubung antara Krui dan Kota Agung atau pun Krui dengan Liwa, pemandangan di sepanjang jalan tetap menjadi spot menarik untuk diabadikan dalam foto. Tak hanya pemandangan khas hutan hujan tropis (rainforest), pemandangan khas pantai pun mudah ditemui di Negeri Para Saibatin dan Ulama ini. Pantai dengan geomorfologi landai berpasir hingga curam bertebing pun ada di sini!

panorama krui

Kabupaten di ujung Barat Provinsi Lampung ini selayaknya memfokuskan diri sebagai tujuan wisata tropis. Daya tarik ombaknya telah berhasil menghidupkan dinamika perekonomian daerah. Banyak turis asing datang ke Krui untuk berselancar (surfing). Sentuhan maksimal para stakeholders pada akhirnya akan memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Pesisir Barat. Bukan tidak mungkin, keberadaan turis-turis asing itu justru kelak menjadi daya tarik baru wisatawan dalam negeri.

Beragam tujuan wisata Pesisir Barat masih dapat diciptakan dan dikembangkan. Satu hal yang perlu dipertimbangkan sejak awal perencanaan pembangunan wisata adalah “karakter pasar potensial”. Saya pribadi lebih cenderung menilai potential market tersebut adalah wisatawan mancanegara. Betul bahwa wisatawan domestik pun merupakan pangsa pasar. Namun, terlalu banyak destinasi wisata yang menyasar turis lokal di negeri ini. Akan lebih tepat apabila kabupaten hasil pemekaran Lampung Barat ini mengambil porsi “pasar internasional”.

Kurang tepat apabila mempersepsikan pembangunan wisata untuk menggaet dunia internasional harus sophisticated semisal harus maju dan modern, harus ada banyak skyscraper, dan lain-lain. Pengalaman saya ketika berdiskusi dengan teman-teman kelas ketika kuliah di Australia, umumnya justru keinginan mereka jauh dari bayang-bayang pemikiran sebagian kita. Ternyata, teman yang berasal dari banyak negara maju tersebut kagum dan “heran” ketika melihat tanaman di halaman rumah, mereka kagum dengan nuansa hutan, dan sebagainya. Apa yang dapat menarik perhatian mereka begitu sederhana. Tak khayal, di Far North Queensland, deretan hotel tenda di bawah rerimbunan pohon tinggi sekaligus di sela-sela semak belukar menjadi destinasi favorit mereka untuk tinggal selama liburan. Hal sederhana tetapi dapat mendorong perekonomian daerah dengan masif. Pesisir Barat memiliki alam yang luar biasa. Hanya perlu konsentrasi dalam pemolesannya saja. Pesisir Barat tujuan wisata tropis.

Penulis: Febrio Sapta Widyatmaka, S.Si., MTURP

9 Comments

  1. Pingback: Pesisir Barat Resmi Miliki Kantor Pertanahan | ATR/BPN Pesisir Barat

  2. Darrenrat

    “May I simply say what a comfort to find someone who actually understands what they are discussing online. You actually understand how to bring an issue to light and make it important. More people really need to check this out and understand this side of the story. It’s surprising you are not more popular since you certainly possess the gift.”
    דירות דיסקרטיות בבת ים
    34343dfsf4f

Leave a Reply

Your email address will not be published.