Pesisir Barat dan Cairns nampaknya memiliki kemiripan. Pesisir Barat merupakan kabupaten yang sangat prospektif di Provinsi Lampung. Berbeda dengan kabupaten lain di Sai Bumi Ruwai Jurai, kabupaten anyar di sepanjang pantai Barat ini sangat dikenal oleh wisatawan asing. Ombak di kabupaten paling Barat tersebut berhasil memikat para surfer. Beberapa cottage kelas internasional berdiri. Usaha penyewaan kendaraan roda dua dengan fasilitas untuk membawa peralatan surfing pun menggeliat. Tentu, usaha transportasi sebagai feeder dari Bandar Udara Radin Inten II ke lokasi surfing menjadi salah satu mata pencaharian yang menjanjikan. Bahkan, pemerintah menangkap potensi “tak biasa” tersebut dengan membangun bandara perintis sebagai bagian peningkatan konektivitas. Sementara, Cairns juga merupakan kota yang sangat prospektif di North Queensland, Australia. Nuansa alam di kabupaten yang sering disingkat “pesibar” dan Kota Cairns hampir sama.

Apa persamaan Pesisir Barat dan Cairns? Keduanya mengandalkan kehidupan ekonominya dari sektor pariwisata. Sektor pariwisata andalan Cairns adalah pantai dan hutan (rainforest). Pantai yang ada di sepanjang wilayah Cairns digemari wisatawan asing karena ombak dan terumbu karangnya. Tagline yang sering digemakan oleh pegiat pariwisata di sana adalah “Where the Great Barrier Reef meet the Daintree Rainforest“. Betul saja, kondisi geografis dan geomorfologis Cairns memang mirip Kabupaten “Pesibar”. Cairns membentang di sepanjang pantai. Dan tak jauh dari garis pantai, terdapat jajaran pegunungan yang ditutupi hutan. Persis seperti Pesisir Barat! Pesibar juga memiliki hutan tropis (Taman Nasional Bukit Barisan Selatan/TNBBS) di perbukitan yang membujur tak jauh dari garis pantai.

Pesisir Barat perlu mengantisipasi kebutuhan ruang dengan seksama. Meski kini “gemerlap” kabupaten tersebut masih belum secerah Kota Bandar Lampung, bukan berarti kabupaten ini tidak akan menjadi berkilau di kemudian hari. Apabila melihat dari “pangsa pasar”-nya, boleh jadi perkembangan kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Lampung Barat ini tidak akan membuntuti Kota Bandar Lampung. Namun, justru bersaing dan siap menyalip ibukota Provinsi Lampung tersebut. Mengapa? Sebab pangsa pasar pengembangan Kabupaten Pesisir Barat berbeda dengan Kota Bandar Lampung. Sehingga membandingkan keduanya jelaslah tidak tepat. Pesisir Barat lebih cocok dibandingkan dengan salah satu kota kecil di Far North Queensland, Australia, yaitu Cairns. Mungkin suatu saat Pesisir Barat dan Cairns dapat menjalin hubungan sebagai sister city.

Febrio Sapta Widyatmaka
(Penulis pernah menempuh pendidikan master di Cairns)

7 Comments

  1. Pingback: Pesisir Barat Tujuan Wisata Tropis | ATR/BPN Pesisir Barat

  2. Pingback: WEST COAST IN LAND INVESTMENT | ATR/BPN Pesisir Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published.