BPN Pesisir Barat menyelenggarakan layanan pencatatan blokir. Layanan ini ditujukan bagi pemilik tanah yang sedang menghadapi sengketa atas obyek tanahnya. Pencatatan blokir adalah suatu keadaan dimana tanah tersebut dinyatakan dibekukan sementara untuk menjamin perlindungan hukum kepada pemilik tanah yang bersangkutan agar tanah tersebut tetap dalam keadaan semula. Tujuan jangka pendek umumnya adalah mencegah terjadinya balik nama ke pihak lain. Pencatatan blokir adalah tindakan administrasi Kepala Kantor Pertanahan atau pejabat yang ditunjuk untuk menetapkan keadaan status quo (pembekuan) pada hak atas tanah yang bersifat sementara terhadap perbuatan hukum dan peristiwa hukum atas tanah tersebut.

BPN Pesisir Barat berpegang pada Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Blokir dan Sita. Ketentuan yang perlu diketahui khalayak umum adalah bahwa pencatatan blokir paling banyak diajukan satu kali oleh satu pemohon pada satu objek tanah yang sama. Selain itu, catatan blokir oleh perorangan atau badan hukum berlaku untuk jangka waktu 30 (tiga puluh) hari kalender terhitung sejak tanggal pencatatan blokir. Jangka waktu tersebut dapat diperpanjang dengan adanya perintah pengadilan berupa penetapan atau putusan. Siapa saja yang berhak mengajukan pencatatan blokir? Permohonan pencatatan blokir dapat diajukan oleh: perorangan, badan hukum, atau penegak hukum.

Alur pencatatan blokir

Lalu, apa saja yang membuat catatan blokir ini hapus?

  1. jangka waktu blokir berakhir;
  2. pihak yang memohon pencatatan telah mencabut permintaannya sebelum jangka waktu berakhir;
  3. Kepala Kantor menghapus blokir sebelum jangka waktunya berakhir; atau
  4. ada perintah pengadilan berupa putusan atau penetapan.

Bagaimana apabila blokir berakhir tetapi pemohon masih ingin memperpanjang blokir? Tidak banyak hal yang dapat dilakukan dalam kaitan dengan membekukan tanah melalui layanan blokir. Hal yang dapat ditempuh adalah dengan menempuh proses hukum.

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.